PSSI Segera Umumkan Regulasi Liga 1 2018

Kompetisi Liga 1 2017 telah berakhir. PSSI dan operator kompetisi PT Liga Indonesia Baru (LIB) langsung menyiapkan regulasi untuk gelaran Liga 1 tahun depan.

Hingga saat ini, Wakil Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, mengatakan, pihaknya masih bekerja untuk membuat regulasi. PSSI akan mengumumkan regulasi baru Liga 1 pada awal tahun depan.

“PSSI sampai 13 Desember menggodok rancangan semua regulasi kompetisi. Finalnya itu di tanggal 13 Januari 2018 saat Kongres PSSI,” kata Joko.

Lebih lanjut, Joko mengatakan, PSSI fokus membuat aturan mengenai penggunaan pemain asing dan marquee player. Aturan ini kemungkinan bakal ada perubahan setelah ada evaluasi dari Liga 1 2017.

“Konsen PSSI tentang marquee player dan regulasi pemain asing. Saat ini, PSSI akan mendalami ini semua. Ditunggu saja keputusannya,” ujar pria berkacamata tersebut.

PT LIB Kebut Jadwal Liga 1 2018

Sementara itu, COO PT LIB, Tigorshalom Boboy mengatakan, pihaknya tengah sibuk melakukan pembuatan jadwal Liga 1 2018. Nantinya seluruh jadwal tersebut akan disahkan ketika PSSI menggelar Kongres Tahunan. Dijadwalkan, kongres tersebut dilaksanakan pada 13 Januari 2018 di Jakarta.

“Kami sudah menyiapkan draf jadwal. Bola ada di PSSI. 13 Desember deadline penyerahan draft jadwal seluruh kompetisi. Namun, diputuskan pada Kongres PSSI 13 Januari. Kami berharap tidak ada perubahan signifikan terkait perubahan format kompetisi, peserta kompetisi, dan lain-lain,” ujar Tigor.

Sesuaikan Jadwal Timnas

Tigor menambahkan, merancang jadwal Liga 1 2018 tidaklah mudah. Sebab, harus disesuaikan dengan jadwal timnas Indonesia, mengingat pasukan Merah Putih akan terjun dalam berbagai ajang mulai dari Asian Games, Piala AFF, Piala Asia U-19, Piala AFF U-18 hingga Piala AFF U-15.

“Sinkronisasi dengan timnas juga perlu kita cermati, selain Asian Games kita banyak menjadi tuan rumah. Tidak ada libur bagi kami, klub pun begitu,” ucapnya.